Kamis, 26 Maret 2015

Apa itu Strategic Planning?


Strategic planning merupakan bagian dari sistem kerja advertising agency yang mengatur konsep atau strategi komunikasi yang akan dibuat menjadi sebauh iklan. pekerjaan strategic planning membutuhkan lebih banyak konsentrasi, pemikiran, riset, data, referensi, diskusi, dan lain-lain.

 Tugas dan tanggung jawab seorang strategic planning bisa bervariasi. Tapi yang utama ia membantu account management memikirkan problem pemasaran yang dihadapi klien, merumuskan brand platform, strategi komunikasi, dan rencana periklanan terbaik untuk mengatasi problem tersebut, serta me-review creative brief dari account management  atau membuatnya sendiri.

Sehari - hari strategic planning aktif dalam briefing session dan creative reviewPertama menjelaskan creative brief secara panjang lebar dan mendetail sehingga orang - orang kreatif memperoleh gambaran mengenai segala situasi dan pemikiran di balik iklan yang akan dibuat, sekaligus merangsang lahirnya ide-ide kreatif yang hebat. Yang kedua menilai apakah ide-ide yang telah dikembangkan oleh orang-orang kreatif sudah cocok dengan strategi dasarnya.


Selain itu strategic planner juga bisa terlibat aktif dalam brainstorming dengan orang-orang kreatif, memimpin berbagai riset (mengenai merek, produk, pasar, konsumen), serta membantu melakukan presentasi pada klien untuk menjual konsep dan ide yang diusulkan.

0 komentar:

Posting Komentar