Kamis, 26 Maret 2015

Apa itu advertising?


Advertising (periklanan) adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki barang atau jasa yang ingin dijual yang akan membuat perhatian konsumen untuk membeli barang atau jasa yang dijual tersebut. Advertising dilakukan di suatu media, bisa di media cetak, media elektronik, dan juga bisa secara langsung dengan lisan. Di media cetak iklan biasa dijumpai di majalah, koran, brosur, flyer, majalah. Sedangkan media elektronik iklan bisa kita temukan di TV, radio, internet. Pembuat iklan harus memiliki kreativias tinggi, karena iklan harus menyampaikan pesan yang ada disuatu produk pada para konsumen dengan cara-cara yang menarik agar para konsumen yang melihat tertarik untuk membelinya.

Iklan juga terdiri dari berbagai macam jenis, ada iklan komersil, iklan layanan masyarakat, iklan corporate. Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan menawarkan atau mempromosikan suatu produk ke pada konsumen. Contohnya, iklan yang paling sering kita temui, seperti iklan pakaian, iklan minuman, iklan makanan, yang ada di tv, radio, koran dan media iklan lainnya. Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menawarkan suatu ide untuk kepentingan kehidupan di masyarakat yang lebih baik. Contohnya, seperti kata kata “say no to drugs” , “stop merokok” , “dua anak lebih baik” , dll. Itu semua merupakan ide-ide bagus yang jika dilakukan berdampak kebaikan pada kehidupan di masyarakat. Iklan corporate adalah iklan yang bertujuan untuk pencitraan suatu perusahaan yang akan berdampak pada produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Biasanya iklannya seperti nilai-nilai warisan perusahaan, mutu dari suatu produk yang di buat, peluncuran logo baru, mengadakan event sosial atau acara peduli lingkungan.


Dengan adanya advertising tidak hanya membatu perusahaan dalam menjual produknya, tetapi juga membantu para konsumen dalam memilih suatu produk. Karena dengan adanya advertising, konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang produk yang diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar